Sabtu, 31 Maret 2012

Profesi dalam bidang TI

Profesi yang tersedia untuk bidang teknologi informasi (TI) sangat banyak disediakan di perusahaan perusahaan baik yang bergerak dibidang IT maupun yang tidak. Sebagian besar perusahaan yang tidak bergerak dibidang TI pun biasanya tetap menggunakan tenaga ahli tertentu yang berhubungan dengan profesi pada dunia TI. Hal itu disebabkan karena berkembangnya teknologi informasi di segala aspek bidang pekerjaan. 







Ketrampilan dalam TI membagi jenis profesi menjadi empat, yaitu :

# Network System (Bagian Sistem Jaringan)

Dalam bagian sistem jaringan ini kita juga dapat menyebutkan contoh jenis profesi yang termasuk dalam bagian ini yaitu; Network Administrator, Teknisi jaringan, PC Support, Analis Data Komunikasi, Administrator Keamanan jaringan. Pada bagian ini peluang dalam dunia kerja masih banyak sekali di butuhkan oleh perusahaan IT maupun non-IT.

# Informatian Support and Service (Pelayanan Informasi dan Dukungan)

Bagian Profesi pekerjaan ini membantu kita untuk memperoleh data dan informasi, Bagian ini juga meliputi custumer service helpdek, kemudian teknikal support yang bekerja untuk membantu proses pekerjaan jika ada yang bermasalah dengan komputer secara umum. Kemudian Database Administrator yang sangat di perlukan untuk mengatur data-data yang di miliki oleh sebuah oraganisasi maupun perusahaan.

# Interactive Media (Bagian Media Interaktif)

Berhubungan dengan media merupakan salah satu karakteristik dalam dunia informasi, semua harus menggunakan media. Jadi bagian web development, web desain, penggambar 3D, dan jenis pekerjaan yang sedikit membutuhkan seni sangat di perlukan pada jenis profesi dalam bidang tekhnologi informasi ini. Gaji yang di tawarkan pun cukup besar sekali jika anda master dalam bidang ini.

# Programming Software Enginerring (Bagian Teknik Pemogramman Software)

Dunia komputer tidak lepas dengan namanya program, jika dunia komputer tanpa program, sama saja manusia tanpa otak. Jadi bidang programmer dan system analis sangat di perlukan sekali dalam bidang komputer. Jenis bidang IT yang memiliki gaji lumayan besar terletak pada bidang ini.

Sedangkan secara umum ada banyak sekali profesi di bidang TI, berikut adalah jenis dan penjelasannya :

1. Programmer

Orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.


2. Web Designer

Mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based beserta isi dari aplikasi tersebut.


3. Analyst / System Analyst

Menguji program untuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi system, Bidang pekerjaan yang melakukan analisis dan desain terhadap sebuah sistem sebelum dilakukan implementasi atau pemrograman lebih lanjut. Analisis dan desain merupakan kunci awal untuk keberhasilan sebuah proyek-proyek berbasis komputer. Jenis pekerjaan ini juga memiliki 3 tingkatan seperti halnya pada programmer.

4. Software Engineer

Profesi ini bertugas untuk mengembangkan software, karena itu dibutuhkan orang yang memiliki keterampilan dalam mendesain aplikasi, mampu memenuhi spesifikasi yang diinginkan klien, terbiasa dengan pengembangan software “life cycles”, dan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

5. IT Executive

Bertugas memelihara kecukupan, standard, dan kesiapan system atau infrastruktur untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif dan efisien. Selain itu bertugas untuk menerapkan prosedur IT dan proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum.

6. IT Administrator

Menyediakan implementasi dan administrasi meliputi LAN, WAN, dan koneksi dial-up, firewall, Proxy serta pendukung teknisnya.

7. Network Administrator

Mengurusi dan mengoperasi jaringan LAN maupun WAN, manajemen system serta dukungan terhadap perangkat kerasnya.

8. Database Administrator

Bertugas mengurus administrasi dan pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian system database.

9. System Engineer

Menyediakan rancangan system dan konsultasi terhadap pelanggan, memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta dukungannya, dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT administrator.

10. Network Support Engineer

Bertugas melaksanakan komunikasi dan analisa system networking, mendesain perencanaan untuk integrasi, mendukung jaringan pada internet, intranet dan extranet, serta mampu menganalisa dan turut dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN dan WAN.

11. Helpdesk Analyst

Mengontrol atau memantau permasalahan troubleshoot melalui email / telephone dengan cara mengambil alih kendali para pemakai via LAN / WAN koneksi. Selain itu, penyandang profesi ini harus mampu melakukan perencanaan, mengkoordinir dan mendukung proses bisnis, system dan end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

12. ERP Consultant

Bertanggung jawab memberikan nasehat teknis ataupun fungsional pada implementasi solusi ERP dan diharapkan memiliki beberapa pengetahuan tertentu dalam memetakan proses.

13. Account Manager

Bertanggung jawab untuk kemajuan penjualan produk atau solusi serta target pendapatan.

14. Business Development Manager

Pelaku profesi ini diharapkan memiliki kemampuan untuk mengetahui kebutuhan akan pelanggan , memiliki ketajaman yang diperlukan dalam dan menguntungkan bisnis, serta memiliki kemampuan luas untuk menyerap dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep teknologi.

15. IT Manager

Bertugas mengatur kelancaran dari system IT, menangani troubleshooting dan membantu organisasi dalam menangani permasalahan IT.

16. Project Manager

Melakukan perencanaan, pengarahan dan sebagai pelaksana aktivitas manajemen proyek pada suatu divisi / area. Selain itu, profesi ini juga bertugas memonitor progress terhadap jadwal dan anggaran proyek serta membantu mengalokasikan sumber daya sesuai dengan hasil proyek yang harus diselesaikan.

Sumber :

http://raveshader.blogspot.com/2011/04/jenis-profesi-dibidang-it-dan.html
http://freezcha.wordpress.com/2011/04/13/profesi-di-bidang-it/




0 komentar: