Jumat, 16 Maret 2012

Contoh E-goverment, E-Business, E-Learning,E-Health,E-Employment,E-Environtment,E-Agriculture,E-Science

E-GOVERMENT 

Kota : Medan
Situs : http://www.pemkomedan.go.id/

Pada halaman beranda terdapat informasi berupa berita terkini yang disajikan dengan lengkap dan terupdate. Disediakan pula kolom informasi untuk PEMKO. Pada bagian menu-menu yang terdapat pada kolom sebelah kiri atas sudah lengkap seluruh link bekerja dengan baik. 

Secara umum arah dan agenda pembangunan kota mengacu kepada visi : 

Jangka Panjang (Visi 2025) → Perda Nomor 8 Tahun 2009 : Kota Medan yang maju, sejahtera, religius dan berwawasan lingkungan (Indikasi : Income perkapita Rp 72 Juta / tahun)

Jangka Menengah (Visi 2015) : Kota Medan menjadi Kota Metropolitan yang berdaya saing, nyaman, peduli dan sejahtera 

Jangka Pendek (Tahun 2011) : Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin dinamis dan berkualitas guna menciptakan kesempatan kerja yang luas, mengurangi kemiskinan, meningkatkan mutu pelayanan public dan kesejahteraan masyarakat (Indikasi : Income perkapita menjadi Rp 41,3 Juta dari Rp 36 Juta Tahun 2010)

Misi Pemerintah Kota Medan Tahun 2011 

Melaksanakan percepatan dan perluasan pembangunan kota terutama pada 6 (enam) aspek dasar, yaitu : 

1. Pelayanan pendidikan baik akses, kualitas maupun manajemen pendidikan yagng semakin baik, sehingga dapat menciptakan lulusan yang unggul. 

2. Perbaikan infrastruktur, utamanya perbaikan jalan kota, jalan lingkungan, taman kota dan drainase serta penataan pasar tradisional secara simultan. 

3. Pelayanan kesehatan, baik akses, mutu maupun manajemen kesehatan yang semakin baik.

4. Peningkatan pelayanan administrasi public terutama pelayanan KTP/KK/Akte kelahiran dan perizinan usaha. 

5. Peningkatan Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk meningkatkan kapasitas dan prestasi kerjanya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. 

6. Menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan. Catatan : Misi ini tidak ringan dan pencapaiannya akan dipengaruhi faktor eksternal dan internal. Untuk itu, kita harus bekerja lebih efektif.

Pada menu Info Layanan terdapat informasi layanan-layanan yang disediakan oleh pemerintah kota dan pama link layanan tersebut digambarkan pula proses yang harus dilakukan untuk melakukan suatu layanan tertentu, misalnya untuk layanan masyarakat dalam pembuatan akte kelahiran. Disitu dijelaskan persyaratan yang harus dipenuhi dan lama waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh akte tersebut. Selain itu juga digambarkan sepergi gambar dibawah ini 


Terdapat pula menu pariwisata yang berisi link
 -Pusat Jajanan

 -Hotel

 -Pusat Perbelanjaan

 -Objek Wisata

 -Bioskop

 -Transportasi

 -Travel

 -Restoran

 -Calender of Event Kota medan 2009

Setiap link berisi sub link , misalnya pada link objek wisata di klik maka akan muncul link-link dari onjek wisata yang terdapat pada kota medan dan bila di klik akan muncul alamat lengkap dari objek wisata tersebut. Informasi tersebut menurut saya sangat berfungsi untuk para pengunjung yang akan berniat untuk berwisata di kota medan.

Ada juga menu database kota medan yang berisi laporan-laporan dan peraturan pemerintah yang dapat diunduh oleh setiap para pengunjung website E-goverment ini. Selain itu ada menu info data yang berisi link informasi tentang alamat-alamat dari fasilitas umum yang disediakan oleh kota medan.

Terdapat juga infomasi mengenai jadwal shalat yang terupdate setiap harinya dan kegiatan dari pemerintah kota medan. Sedangkan untuk fitur yang disediakan pada web ini adalah buku tamu bagi para pengunjung yang ingin menyampaikan kritik maupun saran, dan juga  Medan Multimap untuk memperoleh informasi arah jalan yang terdapat di kota Medan, pada aplikasi ini pengguna hanya memasuukan nama jalan yang pada kotak search selain itu dapat pula menampilkan list-list tertentu misalkan untuk menampilkan alur dari sungai,maka cheklist pada kotak river dan pada peta pun akan terlihat alur dari sungai pada kota medan ,berikut adalah tampilannya :


E-BUSINESS

Situs : http://www.edi-indonesia.co.id/

Pada halaman home atau beranda terdapat kolom kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan  EDI INDONESIA. Pada web ini terdapat web location dari letak perusahaan e-business ini. Sedangkan pada link customer dijelaskan siapa saja customernya dan permintaan dari mereka, sepergi keterangan dibawah ini : 

Sektor Kepabeanan : Untuk kegiatan impor dan ekspor
Pengguna : Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Importir, Eksportir, PPJK, Bank, Perusahaan Pelayaran

Sektor Kepelabuhanan : Untuk kegiatan impor, Towing & Delivery, Ekspor
Pengguna : Pelabuhan Indonesia II, Perusahaan Pelayaran

Supply Chain : Informasi umum, proses transaksi, pelaporan dan perencanaan
Pengguna : Unilever, Nestle, Sara Lee, Philips, Toshiba, Superindo, dll

Pemerintahan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Kesehatan
Badan Pengawasan Obat dan Makanan
Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi

Partner dari PT. EDII INDONESIA adalah ASEAN Single Window (ASW) dan Pan Asian e-commerce Alliance (PAA). Selain itu terdapat menu download dari aplikasi aplikasi dan infromasi dari aplikasi tersebut yang dapat di unduh secara gratis. Menu contact us digunakan untuk melakukan komunikasi dengan admin dari web tersebut. 

Dibawah ini adalah gambar dari penampakan halaman beranda web EDI INDONESIA.


E-LEARNING

Situs                 : http://elearning.usu.ac.id/

Pada situs ini disediakan materi dari setiap fakultas dan jurusan. Para pengunjung diluar mahasiswa USU dapat dengan mudah untuk mengunduh dari setiap materi yang disediakan pada web tersebut. Untuk saya sebagai pengunjung diluar pada halaman website ini hanya dapat melihat halaman beranda dan mengunduh meteri materi yang telah disediakan.

Berikut dibawah ini adalah tampilan dari website  http://elearning.usu.ac.id/


E-HEALTH

Situs : http://www.surabaya-ehealth.org/

Pada halaman beranda terdapat informasi terbaru dari dunia kesehatan di SURABAYA. Selain itu disediakan juga kolom untuk link dari tips tips kesehatan dalan kolom link artikel kesehatan.

Berikut adalah visi misi yang terdapat pada web http://www.surabaya-ehealth.org/ :

Visi
"TERWUJUDNYA MASYARAKAT KOTA SURABAYA YANG SEHAT, CERDAS DAN MANDIRI"
Misi
Untuk mencapai masyarakat yang sehat, cerdas dan mandiri ditempuh melalui misi sebagai berikut:
1. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat;
2. Meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau segala lapisan masyarakat;
3. Meningkatkan upaya pengendalian penyakit dan penanggulangan masalah kesehatan;
4. Meningkatkan pembiayaan kesehatan.

Pada web ini terdapat informasi mengenai daftar statistik dari perkembangan penyakit yang terupdate setiap bulannya dan di tampilkan dalam bentuk grafik yang memudahkan para pengunjung wibsite dalam melihat perkembangan kesehatan dari masyarakat surabaya. Pada website ini terdapat menu forums dengan topik topik tertentu juga terdapat menu hubungi kami yang berisi sublink kontak dan pengaduan yang didalamnya terdapat tata cara dalam melakukan komuniksai dan pengaduan beserta alamat email yang dituju untuk melakukan kontak maupun pengaduan.

Pada halaman utama terdapat map dari lokasi puskesmas kota Surabaya, seperti gambar dibawah ini.


E-EMPLOYMENT

Situs : http://karir.com/

Pada situs ini terdapat kolom-kolom yang menyediakan kolom perusahan yang sedang membuka lowongan, kolom lowongan kerja terkini berdasarkan bidang tertentu, dan informasi lainnya. Di menu pencari karir terdapat submenu cari semua lowongan yang menampilkan form dimana si pencari pekerjaan harus memilih jabatan, fungsi kerja, industri menentukan lokasi kerja , jenjang pendidikan terakhir dan pengalaman kerja. Ketika sudah menetukan seluruh kolom maka kllik cari dan secara otomatis akan keluar informasi dari kriteria yang telah ditentukan sebelumnya jika memang ada lowongan dari kriteria tersebut. Selain itu terdapat submenu cari lowongan terkini yang berisi lowongan-lowongan yang paling terupdate, sedangkan untuk submenu daftar pencari kerja berfungsi untuk mendaftarkan diri menjadi pencari karir dan akan mendapatkan informasi-informasi terkini dari lowongan pekerjaan.

Sedangkan untuk menu perusahaan dapat digunakan untuk orang yang ingin merekrut pekerja melalui sistus ini yang disesuaikan dengan kriteria dari form yang disediakan pada web tersebut pada menu perusahaan dengan submenu cari semua resume.  Pada situs ini juga terdapat menu yang menyediakan tempat untuk memasang iklan diluar dari lowongan pekerjaan. Menu kontak kami dapat digunakan untuk melakukan komunikasi atau behubungan dengan administrator dari web tersebut,sehingga pengujung web dapat mengajukan pertanyaan 
Berikut adalah tampilannya:


E-ENVIRONMENT

Situs : http://www.downtoearth-indonesia.org/id

Pada halaman utama berisi informasi-informasi yang terjadi pada lingkungan di indonesia baik dari masyarakat maupun alamnya. Terdapat menu kampanye yang berisi kampanye-kampanye apa saja yang telah dilakukan yang berhubungan dengan kelangsungan lingkungan hidup. Menu kawasan yang membagi beberapa sub menu berdasarkan daerah terntentu dan berisi informasi tentang hal-hal yang terjadi dan perkembangan lingkungan di daerah tersebut. Dan menu tema yang membagi informasi berdasarkan tema-tema tertentu. Pada web tersebut terdapat kolom bulettin DTE yang dapat digunakan pengunjung website untuk berlangganan website tersebut.

E-AGRICULTURE

Situs : http://www.situshijau.co.id/

Pada halaman utama berisi informasi terkini yang berhubungan dengan dunia pertanian. Sedangkan untuk link-link yang disediakan lebih ke informasi dengan kategori kategori tertentu. Misalkan adaanya link resep,pada link tersebut diberikan resep masakan yang berhubungan dengan tanaman tersebut. Link tips yang berisi tips-tips tertentu dalam dunia agriculture. Untuk link-link yang terdapat di judul kolom Tanaman berisi link-link yang merupakan informasi dari tanaman-tanaman baik itu buah, hias, untuk industri, obat dll mulai dari asal tanaman,cara tanam, panen sampai bagian yang dapat dikonsumsi.

E-SCIENCE

Situs : http://www.faktailmiah.com/

Di website ini berisi informasi tentang ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah seperti matematika,biologi,kimia,fisika. Dan bidang-bidang tersebutlah yang dijadikan menu-menu pada website tersebut dimana submenu dari masing masing menu merupakan penyempitan dari menu tersebut. Misalkan pada menu kimia terdiri dari submenu berita kimia, kesehatan dan obat,kimia unsur dan teori kimia. Pada website ini tidak hanya onformasi teoritis yang sudah ada sejak dahulu tetapi infomasi informasi baru dari para ahli masa kini juga di muat di halaman website ini. Di menu home terdapat submenu kontak kami yang dapat digunakan pengunjung website untuk memberikan pesan kepada admin. Di menu home juga terdapat submenu yang merupakan forum untuk berbagi informasi dengan topik tertentu. 


0 komentar: