Kamis, 14 Januari 2010

Belajar Latex 4

Program Latex 4


Output Program Latex 4

 


LOGIKA PROGRAM LATEX 4
Semua perintah LaTeX diawali dengan perintah backslash (\). Tanda ini memberitahukan kepada LaTeX untuk melakukan hal tertentu pada bagian dokumen tersebut.
\documentclass[a4,24pt]{article}
Digunakan untuk menyatakan jenis dokumen yang akan diolah, pada kasus kali ini jenis dokumen yang akan diolah adalah artikel, kertas yang digunakan adalah a4 dan ukuran huruf yang digunakan adalah 24pt. Dimana setiap document harus dimulai dengan \documentclass{….}.
\begin{document}
\end{document}
Sebuah dokumen latex memiliki struktur yang diapit oleh pasangan \begin dan \end.
\begin{tabular}{|c|c|c|}
\end{tabular}
\begin{tabular} dapat digunakan untuk membuat table, sedangkan {|c|c|c|} adalah bagian yang menentukan banyaknya kolom yang akan dihasilkan. Huruf c mewakili  center, menentukan alignment dari isi sel yang dibuat, sementara garis | menentukan apakah tabel ingin dibatasi garis atau tidak. Jika antara kolom tidak ingin dibatasi garis tinggal menghilangkan | tersebut. Sedangkan \end{tabular}merupakan akhir dari table.
\hline \Large  Nama & \large  Kelas & \large  NPM \\
\hline digunakan untuk menampilkan garis mendatar pada tabel (batas tiap baris), \Large digunakan untuk menghasilkan huruf dengan ukuran yang lebih besar pada Nama, Kelas dan NPM, sedangkan Nama & Kelas & NPM untuk menuliskan isi dari masing-masing baris, perpindahan kolom saat mengisi sebuah baris ditandai dengan tanda &. Dan diakhiri oleh \\.
\hline Shinta Ambarwaty  & 1ka07 & 11108820\\
\hline digunakan untuk menampilkan garis mendatar pada tabel (batas tiap baris), sedangkan Shinta Ambarwaty  & 1ka07 & 11108820 untuk menuliskan isi dari masing-masing baris, perpindahan kolom saat mengisi sebuah baris ditandai dengan tanda &. Dan diakhiri oleh \\.
\hline Astri Gita & 1ka08 & 11108825 \\
\hline digunakan untuk menampilkan garis mendatar pada tabel (batas tiap baris), sedangkan Astri Gita & 1ka08 & 11108825 untuk menuliskan isi dari masing-masing baris, perpindahan kolom saat mengisi sebuah baris ditandai dengan tanda &. Dan diakhiri oleh \\.
\hline Thami Indrawan & 1ka06 & 10108834\\
\hline digunakan untuk menampilkan garis mendatar pada tabel (batas tiap baris),sedangkan Thami Indrawan & 1ka06 & 10108834 untuk menuliskan isi dari masing-masing baris, perpindahan kolom saat mengisi sebuah baris ditandai dengan tanda &. Dan diakhiri oleh \\.
\hline
\hline digunakan untuk menampilkan garis mendatar pada tabel (batas tiap baris),

Semoga bermanfaat  Belajar Latex 4 kali ini :)



0 komentar: