Senin, 06 Juni 2011

Belajar Join1 pada Oracle

KODING PROGRAMNYA








LOGIKA PROGRAM

1. CREATE TABLE PERPUSTAKAAN (kd_buku varchar(8) primary key, nm_buku varchar(25), jenis_buku varchar(25), rak_buku varchar(2),tanggal_masuk date);
Berarti membuat table baru dengan nama perpustakaan dengan kd_buku,nm_buku, jenis_buku,rak_buku dan tanggal_masuk sebagai  field2nya dimana  setiap field kita tentukan sendiri tipe datanya.

2. Setelah membuat table maka isikan dengan menggunakan syntax insert, untuk tanggal masuk, maka isikan dengan to_date(‘21042009’,’ddmmyyy’).

3. Untuk menampilkan nm_buku dan tanggal_masuk dengan syarat tanggal masuk antara tanggal 10 april sampai 13 juni maka menggunakan between , lihat gambar dibawah ini untuk syntax lebih lengkapnya.


4. Selanjutnya adalah mengubah nama buku dengan kode AS1267 menjadi matematika dengan syntax dan hasil seperti gambar dibawah ini .


5. Menambah 1 record baru sehingga jumlah record menjadi 11,, lihat gambar dibawah ini untuk syntax dan hasil dari penambahan record .

6. Untuk menampilkan nm_buku dengan syarat yang hanya mengandung huruf i,, maka syntax yang digunakan adalah select nm_buku from perpustakaan where nm_buku like ‘%i%’,sehingga outputnya adalah seperti gambar dibawah ini

7. Perintah selanjutnya adalah menghapus salah satu record , misalnya akan menghapus record dengan kd_buku = BN1896 maka julah record akan berkurang menjadi 10.


8. Untuk menampilkan nm_buku dan jenis_buku dengan syarat rak_buku=R2 maka syntax yang digunakan adalah seperti gambar dibawah ini. Syntax ini berartiseluruh nama buku dan jenis buku yang terdapat di rak r2 akan ditampilkan sebagai output.


9. Untuk menampilkan tanggal_masuk secara berurutan maka kita harus menggunakan date sebagai tipe data pada awal pembuatan table. Untuk syntaxnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



10. Untuk membuat view pada table perpustakaan maka kita tentukan terlebih dahulu apa nama table baru yang nanti akan di view. Misalnya dalam kasus ini adalah Pustaka. Untuk syntaxnya adalah seperti gambar dibawah ini.


11. Untuk menjoinkan 2 table maka dibutuhkan 1 table baru dengan 1 penghubung misalnya kd_buku sebagai penghubung 1 table ini. Nama table baru yang akan digunakan adalah table mahasiswa dengan nama,npm,kelas dan kd_buku sebagai field-fieldnya. Setelah melakukan create , select nama,npm,kelas,nm_buku from mahasiswa,perpustakaansetelah itu lakukan view dan terakhir adalah select untuk kedua table dengan menggunakan nama table view dari table yang telah dijoikan sebelumnya.



0 komentar: