Senin, 03 Januari 2011

Tips Untuk Menghindari Virus Pada Komputer

Akhir-akhir ini semakin banyak orang-orang yang beminat untuk membuat virus, dari sekedar iseng ,unjuk kebolehan dan ada pula yang memang memiliki tujuan tertentu. Bila komputer kita sudah terkena banyak virus makan akan sulit bagi kita untuk menghapus satu persatu sehingga kita harus mneginstal ulang. sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menginstal ulang cukup lama. oleh sebab itu kita harus menghindari virus sebelum virus itu menyerang komputer kita.

Dibawah ini ada beberapa tips untuk menghindari virus :


1.Menggunakan program AntiVirus yang selalu Update pada Komputer, Contoh : Kapersky, McAfee, Avast, Ansav, Smadav, PcMav, AVG, NOD32, dll. 

2.Selalu mengecek data komputer secara periode, misalnya Update Antivirus sekali seminggu, maka “Scan” lah data dengan Update terbaru. 

3.Jangan masukkan harddisk eksternal misalnya flashdisk secara sembarangan sebelum di cek dengan antivirus, karena Flashdisk adalah media utama penyebaran virus tersebut.

4.Jangan buka folder yang berformat “.exe” , kalau ada, segera di hapus.

5.Jangan buka file aplikasi Microsoft office dengan format file “.exe”.

6.Segera install ulang komputer atau laptop jika sudah banyak data terkena virus.

7.Non aktifkan fasilitas autorun pada komputer kita, sehingga CD-ROM maupun flashdisk yang kita masukkan ke komputer tidak langsung menjalankan file yang ada di dalamnya. 

8.Periksa setiap flashdisk yang dimasukkan apakah ada file autorun.inf, jika ada coba dilihat isinya, jika mengacu ke sebuah file .exe, .dll atau .scr yang aneh / hidden, segera hapus file-nya atau scan dengan antivirus.

9.Ini yang mungkin sangat penting : Jika komputer digunakan oleh banyak orang, minta agar pengguna berhati-hati sebelum menjalankan sebuah file, jangan hanya melihat icon-nya, tapi melihat ekstensinya. Misalnya file itu dengan icon ms word, excel, gambar, mp3 dsb tetapi kok berekstensi .exe, .scr, .vbs, .bat atau tidak sesuai dengan iconnya, harap diwaspadai.

Semoga tips diatas dapat membuat komputer anda menjadi lebih aman..


0 komentar: