Senin, 27 September 2010

FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA

Postingan saya kali ini akan membahas tentang fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia.


Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu arti dari bahasa dan bahas Indonesia. Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia secara terminology mengartikan bahasa sebagai  sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengindentifikasikan diri. Sedangkan bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi.

 FUNGSI BAHASA INDONESIA:

1. Sebagai Alat Untuk Menyatakan Ekspresi Diri
    
Dengan menggunakan bahasa kita dapat mengungkapkan atau menyampaikan perasaan,gambaran,maksud,dan gagasan  diri kita. 

2. Sebagai Alat Komunikasi
Bahasa dapat digunakan sebagai alat interaksi atau hubungan antara dua manusia, sehingga pesan yang dimaksudkan dapat dimengerti.

3. Sebagai Sarana Adaptasi dan Integrasi

Indonesia adalah negara yang terdiri dari beragam bahasa daerah, dengan menggunakan bahasa Indonesia bila kita terdapat di suatu daerah dan tidak memahami bahasa daerah setempat kita dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri di daerah tersebut. Selain itu dengan bahasa Indonesia, negara Indonesia yang memiliki beragam bahasa daerah ini dapat dipersatukan atau dapat diintegrasikan dengan bahasa Indonesia.

4. Sebagai Alat Kontrol Sosial
Bahasa Indonesia dapat digunakan untuk mempengaruhi tingkah laku orang lain.


 KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA :

1. Sebagai Bahasa Nasional :
   
   1. Lambang kebanggaan nasional 
Sebagai lambang kebanggaan nasional,  bahasa indonesia ‘memancarkan’ nilai-nilai sosial budaya luhur bangsa Indonesia. Dengan keluhuran nilai yang dicerminkan bangsa Indonesia,kita harus bangga denganya; kita harus menjunjungnya dan kita harus mempertahankannya. Kita harus bangga memakainya dengan memelihara dan mengembangkannya tanpa ada rasa rendah diri, malu, dan acuh tak acuh.

   2.Lambang identitas Nasional.
Bahasa Indonesia merupakan ‘lambang’ bangsa Indonesia. Berarti, dengan bahasa Indonesia dapat diketahui siapa kita, yaitu sifat, perangai, dan watak kita sebagai bangsa Indonesia.

   3.Alat pemersatu berbagai ragam masyarakat yang berbeda latar
belakang sosial budaya dan bahasanya.
Dengan bahasa Indonesia, bangsa Indonesia merasa aman dan serasi hidupnya, sebab mereka tidak merasa bersaing dan tidak lagi merasa ‘dijajah’ oleh masyarakat suku lain. Kedudukan dan fungsi bahasa daerah masih tegar dan tidak bergoyah sedikit pun. Bahkan, bahasa daerah diharapkan dapat memperkaya  bahasa Indonesia.

   4. Alat perhubungan antar budaya daerah.
Dengan bahasa Indonesia kita dapat saling berhubungan untuk segala aspek kehidupan. Kita dapat saling berkomunikasi, bertukar pikiran, dan informasi dengan suku lain yang berlatar belakang bahasa yang berbeda.

2. Sebagai Bahasa Resmi/Negara :
 
  1. Bahasa resmi kenegaraan.
Keputusan-keputusan, dokumen-dokumen, dan surat-surat resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan lembaga-lembaganya dituliskan dalam bahasa Indonesia. Pidato-pidato atas nama pemerintah atau dalam rangka menuaikan tugas pemerintahan diucapkan dan dituliskan dalam bahasa Indonesia.

  2. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan.
Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa pengantar di lembaga- lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. Konsekuensi pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan tersebut, maka materi pelajaran yang berbentuk media cetak hendaknya juga berbahasa Indonesia, khususnya di perguruan tinggi.

  3. Alat penghubung pada tingkat nasional serta kepentingan pemerintah.
Bahasa Indonesia dipakai dalam hubungan antarbadan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat, untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah. Degan mengadakan penyeragaman sistem administrasi dan mutu media komunikasi massa, tujuannya agar isi atau pesan yang di sampaikan dapat dengan cepat dan tepat diterima oleh kedua belah pihak (masyarakat).

  4.Alat pengembang kebudayaan, ilmu pengetahuan,dan teknologi.
Kebudayaan nasional Indonesia yang beragam, berasal dari masyarakat Indonesia yang beragam pula, hampir tidak mungkin dapat disebarluaskan kepada dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia lain tanpa bahasa indonesia. Agar jangkauannya lebih luas, penyebaran ilmu dan teknologi, baik melalui buku-buku pelajaran, buku-buku populer, majalah-majalah ilmiah, hendaknyamenggunakan bahasa Indonesia. Apabila arus informasi kita menngkat berarti akan mempercepat pengetahuan kita, apabila pengetahuan kita meningkat berarti tujuan pembangunan akan cepat tercapai. Dan mungkin pada saat mendatang bahasa Indonesia berkembang sebagai bahasa iptek yang sejajar dengan bahasa Inggris.

sumber :






   

0 komentar: